May 8, 2014 - Kisah Hidup    1 Comment

Jika Ingin Jadi programmer, Jadilah Orang Yang Percaya Diri

Ketika saya masih menjadi tentor pemrograman disuatu lembaga, pertama kali yang saya selalu mengatakan “Jika anda percaya bisa melakukan sesuatu, maka anda punya peluang untuk bisa”. Bukan tanpa sebab, dunia IT khususnya pemrograman memang terlihat begitu mengerikan bagi kebanyakan orang bahkan celakanya bagi kebanyakan orang yang kuliah di bidang IT pun juga berpikir demikian.

Melihat ribuan baris kode-kode program membuat mayoritas kita minder. Tanpa sadar otak kita sudah ter-mindset untuk menjadi pesimis. Padahal, ribuan kode-kode tersebut sebenarnya hanyalah sebuah kombinasi dari logika-logika sederhana. Yang anda perlukan untuk menjadi programmer yang handal hanya ada satu yaitu “Jam Terbang”. Jam terbanglah yang akan memberi anda pengalaman dan inspirasi. Jam terbanglah yang akan membantu anda memahami logika program.

Menghafal itu adalah suatu penyakit

Ketika anda belajar pemrograman baik itu PHP maupun yang lainnya. Salah satu aturan penting adalah jangan pernah belajar pemrograman dengan cara menghafal. Pemrograman adalah gabungan sebuah pengetahuan dan seni untuk mengombinasikan kode-kode sederhana menjadi sesuatu yang berguna. Selalu berkreasilah dalam membuat sesuatu. Jika anda membaca buku dan mengajarkan kode pemrograman tertentu. Keberhasilan anda bukanlah diukur bisa mengcopy kode program kemudian menjalankannya, akan tetapi diukur pada keberhasilan anda untuk membuat kode program yang menghasilkan output yang sama tanpa anda perlu melirik buku tersebut.

Jika anda konsisten belajar seperti itu, maka anda sudah diatas jalan yang benar untuk menjadi master programmer.

1 Comment

Got anything to say? Go ahead and leave a comment!