May 9, 2014 - Instalasi Server    No Comments

Instalasi Wamp server untuk menjalankan aplikasi PHP

Wamp server merupakan aplikasi yang digunakan sebagai server untuk menjalankan aplikasi berbasis pemrograman PHP. Pada dasarnya wampserver merupakan kumpulan aplikasi Apache, PHP, dan MySQL yang dikemas dalam satu paket sehingga proses instalasinya lebih mudah dibandingkan dengan melakukan instalasi satu per satu. Untuk download silakan kunjungi situs wampserver.

Instalasi wampserver sangatlah mudah. Anda tinggal menjalankan file exe yang sudah didownload kemudian ikuti proses instalasi. Jika anda ingin install secara default biasanya tinggal klik “next” pada setiap proses. Jika sudah selesai akan ada opsi apakah anda akan langsung menjalankan wampserver atau tidak.

wamp server untuk pemrograman PHP

proses instalasi wamp server

Setelah proses instalasi selesai. Pastikan terdapat icon berwarna hijau yang ada pada try icon anda dibagian kanan bawah berbentuk seperti huruf “W”. Icon berwarnba hijau pertnada bahwa wampserver anda sudah berjalan sempurna. Jika icon berwarna kuning orange artinya ada salah satu atau lebih service yang gagal, sedangkan warna merah berarti server offline (dimatikan).

Jalankan browser anda (misal firefox) kemudian ketik “127.0.0.1” yang merupakan alamat default server anda. Jika halaman default wampserver sudah tampil maka artinya proses instalasi anda sudah sukses.

wamp server untuk pemrograman PHP

Tampilan halaman default wamp server

Got anything to say? Go ahead and leave a comment!