May 10, 2014 - PHP    No Comments

Bermain Logika Sederhana – Menjumlahkan beberapa angka

Setelah sebelumnya kita mempelajari bagaimana operasi aritmatika dilakukan pada pemrograman PHP dengan menggunakan variable sederhana berupa angka tunggal, pada tutorial kali ini kita akan mempelajari bagaimana bermain dengan sekumpulan angka.

Kumpulan data pada pemrograman PHP didefinisikan sebagai array. Untuk saat ini kita akan melakukan operasi untuk array yang paling sederhana yaitu array satu dimensi. Contoh array satu dimensi adalah sebagaimana kode berikut:

1
2
3
<?php
$kumpulan_angka = array (10, 12, 16, 9, 8, 7);
?>

Dari kumpulan angka tersebut kita akan membuat sebuah fungsi dengan PHP untuk menjumlahkan total nilainya. Untuk melakukan hal tersebut maka anda perlu memahami satu tambahan konsep pemrograman yaitu “pengulangan”. Untuk lebih jelasnya perhatikan logika berikut untuk menghitung jumlah total.

  1. Buatlah sebuah wadah (variable) dan isikan nilainya dengan 0.
  2. Untuk setiap nilai pada kumpulan angka tambahkan nilai yang ada pada variable dengan nilai pada kumpulan angka, kemudian simpan hasilnya pada wadah.
  3. Setelah semua data terproses, kirimkan hasil perhitungan.

Pada pemrograman PHP, proses perulangan bisa dilakukan dengan sintak “foreach” seperti contoh berikut:

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
<?php
function penjumlahan($data_angka) {
    $hasil = 0;
    foreach ($data_angka as $index_id => $angka) {
    $hasil = $hasil + $angka;
}
return $hasil;
}
$kumpulan_angka = array (10, 12, 16, 9, 8, 7);
$hasil = penjumlahan($kumpulan_angka);
echo $hasil;
?>

Perintah foreach pada pemrograman PHP bisa dijelaskan sebagai berikut :

  • $data_angka, adalah array data masukan.
  • $index_id merupakan variable pembantu untuk mengetahui index suatu array. Sebagai contoh ketika kita mendefinisikan $kumpulan_angka = array (10, 12, 16, 9, 8, 7), maka secara default PHP akan membuat index mulai dari 0. Sehingga nilai $index_id akan terus bertambah urut mulai dari 0 untuk nilai 10, 1 untuk nilai 12 dan seterusnya.
  • $angka merupakan nilai dari array, dengan kata lain 10,12,16, dan seterusnya adalah data yang keluar pada variable angka.

Got anything to say? Go ahead and leave a comment!